Home / Berita / Cuma satpam, kakek Sri Lanka disebut manusia paling bahagia sedunia

Cuma satpam, kakek Sri Lanka disebut manusia paling bahagia sedunia

Sugathapala manusia paling bahagia. ©2015 Merdeka.com

Sugathapala manusia paling bahagia. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com – Seorang petugas satuan pengamanan (satpam) di Kota Maggona, Sri Lanka, dinobatkan sebagai manusia paling bahagia sedunia. Welipenne Vithanage Sugathapala (60 tahun) meraih penghargaan itu setelah mendapat dukungan 295 ribu pengguna Youtube dalam kontes online.

Emirates247 melaporkan, Senin (16/3), satpam yang seringkali menyeberangkan warga dan turis asing ini selalu tersenyum sepanjang hari. Dia adalah satpam Toko Roti New Monis.

Sambil menyeberangkan orang, Sugathapala akan menyarankan mereka belanja di toko majikannya. Sesekali dia menjalankan tugas sebagai juru parkir.

Dia dikenal warga seluruh kota karena sangat unik saat bertugas. Kadang Sugathapala memandu mobil parkir sambil memberi aba-aba laiknya penari.

Walau gajinya tak seberapa dan setiap hari berpanas-panas, kakek dua cucu ini tidak pernah merasa pekerjaannya berat. “Kuncinya selalu tersenyum. Begitulah saya melalui hari-hari sepanjang hidup. Dengan tersenyum, hidup terasa lebih ringan,” ujarnya.

20150316015151-1-sugathapala-manusia-paling-bahagia-002-ardyan-mohamad

Padahal, bila dirunut-runut, hidupnya cukup sengsara. Dia sebatang kara di dunia sejak remaja.

Tak punya sanak keluarga, Sugathapala bersama istrinya melakukan apapun untuk hidup di kota kelahirannya, Beruwala, asal halal. Sempat kerja kantoran, nahas, dia dipecat ketika perusahaan bangkrut.

20150316015154-2-sugathapala-manusia-paling-bahagia-001-ardyan-mohamad

Sugathapala baru bergabung di toko roti itu delapan tahun lalu. Walau turun derajat jadi satpam, sang kakek mengaku sangat gembira. Dia berprinsip, yang penting anak-istrinya bisa makan.

“Seingat saya, tidak pernah sekalipun saya menangis. Banyak masalah dalam hidup ini. Tapi untuk apa dijadikan beban,” ungkapnya.

Rekan kerja Sugathapala mengakui bahwa kakek yang satu ini selalu ceria. Baik ketika menyeberangkan orang, beristirahat, maupun saat selesai jam bertugas sebagai satpam.

Sikap hidupnya yang luar biasa terdengar oleh turis asing di Sri Lanka. Banyak dari mereka merekam satpam cerita itu, hingga akhirnya videonya viral di Youtube. Situs a millions smile movie yang berpusat di Inggris akhirnya memilih cerita hidup Sugathpala dalam kontes manusia paling bahagia sedunia.

Sumber : merdeka.com

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*