Home / Berita / Satpam Tak Bersertifikat Sama dengan Penjaga Malam

Satpam Tak Bersertifikat Sama dengan Penjaga Malam

ilustrasi-satpam

ilustrasi-satpam

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Terkait keberadaan 11 orang satpam yang bertugas di DPRD Kota Pontianak, kepolisian menilai hanya satu orang yang bersertifikat Satpam. Hal itu ditegaskan Dir Binmas Polda Kalbar, Kombes Pol Suhadi SW.
“Nanti mereka (satpam tak bersertifikat) yang berjaga. Kantor DPRD Kota Pontianak akan kita imbau untuk ikut pendidikan Satpam,” ujar Kombes Pol Suhadi SW, Selasa (3/3/2015).
Mantan Kabid Humas Polda Kalbar ini menjelaskan syarat untuk menjadi Satpam atau Security itu harus mengikuti 262 jam pelajaran dari Kepolisian dan serta lulus kualifikasi Gada Pratama.
“Kalau di Kalbar pendidikan satpam dan security itu di SPN Pontianak, kalau tidak ada sertifikat telah mengikuti pendidikan, itu tidak berhak menggunakan atribut Satpam atau security, itu sama dengan penjaga kantor atau penjaga malam,” kata Suhadi SW.
Kemudian ia juga menjelaskan, pihak kepolisian tidak melarang apabila ada masyarakat yang turun mengemban tugas menjaga keamanan, karena hal tersebut di nilai membantu tugas kepolisian, namun untuk penggunaan atribut Satpam atau security itu harus terlebih dahulu mengikuti pendidikan.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Arief
Sumber: Tribun Pontianak

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*